Skip to main content

Perbedaan file system FAT,FAT32,eXFAT,dan NTFS


Flashdisk,merupakan salah satu media penyimpanan yang masih berguna dan bertahan sampai saat ini karena kemudahaan nya bisa membawa data-data kita saat presentasi sekolah dan tugas kerja dan bahkan flashdisk juga sangat banyak digunakan untuk kelebihan lain seperti menjadi virtual Ram,tetapi kita pernah juga memformat flashdisk kita dengan alasan ada virus atau kita tidak mau repot2 menghapus data di dalam flashdisk kita dengan cara memilih-milih,pada saat pemilihan file system,pernahkah terpikir apakah itu FAT,FAT32,eXFAT,NTFS,ternyata file system ini tidak sembarang kita pilih,karena mereka ada tugas dan kelebihannya masing-masig,apa kelebihannya ? 

FAT32

Pada tahun 1996, FAT32 pertama kali diperkenalkan dengan MS-DOS 7.1/Windows 95, meskipun format tetap diperlukan untuk menggunakannya. Ternyata FAT32 tidak langsung diterima di Windows 98, untuk bisa menggunakannya kita harus convert hardisk dari FAT16 ke FAT32 dengan utility tertentu tanpa kehilangan data.

File system ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Karena terbilang sudah lama, ia menjadi sebuah standard. Flashdisk yang kamu baru saja kamu beli diformat dengan FAT32 untuk kompatibilitas maksimum, yang bisa bekerja pada komputer modern dan juga untuk komputer lama.

Keterbatasan datang karena usia yang sudah lama. Sebuah file individu di drive FAT32 tidak dapat melebihi 4GB, ini adalah ukuran maksimal. Partisi FAT32 juga harus kurang dari 8TB, yang mana juga bagian dari keterbasan.
Karena file system ini cocok untuk flashdisk dan media external lainnya, kamu tidak bisa menggunakannya untuk drive internal. Ia tidak memiliki izin dan fitur keamanan yang memadai, untuk itu munculah NTFS yang lebih modern. Versi terbaru dari Windows tidak bisa lagi diinstall ke dalam FAT32 dan harus menggunakan NTFS.
Kompabilitas: Bekerja dengan semua versi Windows, Mac, Linux, konsol game, dan drive apapun yang memiliki port USB.
Limit: 4GB file maksimal, 8TB partisi maksimal.
Kegunaan: Sangat cocok digunakan untuk removable device karena kompabilitasnya

NTFS

Di pertengahan tahun 80an, Microsoft dan IBM bekerja sama dalam sebuah project untuk membuat generasi selanjutnya dari sistem operasi berbasis grafis. Hasilnya mereka menciptakan OS/2, tapi semua tidak berjalan lancar dan akhirnya perpecahan terjadi antara Microsoft dan IBM. OS/2 tetap dikerjakan oleh IBM dan Windows bekerja dengan Windows NT. Hasil dari OS/2 adalah file system HPPS yang memiliki fitur penting di dalamnya. Ketika Microsoft membuat sistem operasi barunya, mereka meminjam banyak konsep itu untuk NTFS.
NTFS adalah file sistem modern yang akan kamu temui ketika menginstall Windows terbaru. NTFS memiliki batasan ukuran file dan partisi yang sangat besar yang hingga kini mungkin tidak ada yang bisa menandinginya. NTFS pertama kali muncul ke konsumen pada Windows XP.
Menyampingkan keterbasan, NTFS datang dengan fitur modern. Mendukung file permission untuk keamanan, mengganti journal untuk mempercepat recovery error, shadow copi untuk backup, enkripsi, disk quota limit, hard link dan masih banyak lagi fitur lainnya.
Windows kamu harus menggunakan partisi NTFS. Jika kamu memiliki drive sekunder bersandingan dengan Windows dan kamu ingin menginstall program ke dalamnya, kamu harus membuatnya ke NTFS.
Sayangnya, NTFS tidak kompatibel dengan sistem operasi lainnya. Ia akan bekerja dengan semua versi Windows, kecuali sistem operasi lain. Secara default, Mac OS X hanya memiliki kemampuan read NTFS, tidak untuk write. Beberapa distro Linux mungkin bisa write NTFS, tapi kebanyakan memiliki kemampuan read. Tak satu pun dari konsol game Sony PlayStation mendukung NTFS. Bahkan miliki Microsoft sendiri, Xbox 360 tidak bisa membaca NTFS, selain Xbox One. Device lain kebanyakan tidak mendukung NTFS.
Kompatibilitas: Bekerja dengan semua versi Windows, tapi read-only untuk sistem MAc dan distro Linux. Semua device kecuali Xbox One mungkin tidak mendukung NTFS.
Limit: Tidak ada batas ukuran atau partisi.
Kegunaan: Digunakan untuk drive sistem Windows dan internal drive lainnya yang digunakan dengan Windows.

exFAT

Akhir tahun 2006 adalah pengenalan pertama kali exFAT sebagai bagian dari Windows CE 6.0, tertanam di sistem operasi Windows. Sebagian vendor menyetujui lisensi dari exFAT untuk penanaman di sistem atau device yang mereka buat. Mereka menanamkan ke sistem dikarenakan ringan dan dan sangat baik untuk yang memiliki memori rendah dan daya yang kecil sehingga dapat dimasukan ke dalam firmware.
Ia adalah sebuah file system yang dioptimalkan untuk flashdisk. Dirancang untuk ringan seperti file system FAT32 tanpa banyak fitur tambahan seperti NTFS.
Seperti NTFS, exFAT memiliki batas ukuran file dan ukuran partisi yang sangat besar. Jadi kamu bisa menyimpan file lebih besar dari 4GB di flashdisk atau micro SD menggunakan format drive exFAT. exFAT adalah upgrade total dari FAT32, dan seharusnya menjadi pilihan terbaik untuk drive external dimana kamu ingin file system ringan tanpa batasan.
exFAT juga lebih komptaibel daripada NTFS. Jika Mac hanya bisa read untuk NTFS, Mac bisa memiliki full akses terhadap exFAT. exFAT drive juga bisa diakses secara full di Linux dengan bantuan software yang sesuai.
Sementara exFAT kompatibel dengan Mac dan bisa kompatibel dengan beberapa device yang tidak mendukung NTFS, ia masih belum cukup. Beberapa konsol game juga tidak mendukung exFAT, seperti Xbox 360 dan PlayStation 3.
Kompatibilitas: Bekerja dengan semua Windows dan versi modern Mac OS X, tapi membutuhkan software tambahan pada Linux. Kebanyakan device mendukung exFAT daripada NTFS, tapi untuk drive lama mungkin lebih mendukung FAT32.
Limit: Tidak ada batas ukuran atau partisi.
Kegunaan: Bisa digunakan untuk flashdisk dan drive external, khususnya jika kamu membutuhkan file di atas 4GB. Dengan perkiraan setiap device yang kamu gunakan mendukung exFAT.

itulah penjelasan dari perbedaan dari file system yang terdapat pada media penyimpanan pada komputer,semoga bermanfaat!


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

cara membuat aplikasi sederhana dengan notepad

pagi yang memakai windows pasti sudah tau fungsi notepad.notepad sebagai editor simpel yang sudah ada sejak adanya windows 1.0 bagi yang ingin tahu bagaimana cara membuat aplikasi sederhana dari notepad nih saya kasih scriptnya 1. Otomatis membuka dan menutup CD/DVD Komputer Copy script dibawah ini dan paste di notepad anda. Set oWMP = CreateObject(“WMPlayer.OCX.7″) Set colCDROMs = oWMP.cdromCollection do if colCDROMs.Count >= 1 then For i = 0 to colCDROMs.Count – 1 colCDROMs.Item(i).Eject Next For i = 0 to colCDROMs.Count – 1 colCDROMs.Item(i).Eject Next End If wscript.sleep 5000 loop Simpan dengan format *.vbs. (contoh, otomatis.vbs) Lalu Buka File Tersebut 2. Otomatis Mengetik di Notepad Copy script dibawah ini dan paste di notepad anda. Set wshShell = wscript.CreateObject(“WScript.Shell”) do wscript.sleep 100 wshshell.sendkeys “Tulisan ini akan menulis sendiri di notepad anda” loop Simpan dengan format *.vbs. (contoh, Menulis.vbs) Lalu Buka File Tersebut 3. Membuat Pesan mu

perbedaan algoritma dan logaritma

kebanyakan para pelajar-pelajar masih belum mengetahui tentang matematika logaritma dan algoritma,dan karena kedua inipun banyak orang yang berdebat debat, apakah algoritma dan logaritma itu sama atau beda?? ,jawabannya adalah Beda ,berikut: algoritma Dalam matematika dan komputasi, algoritma atau algoritme merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara bertahap dari awal hingga akhir. Masalah tersebut dapat berupa apa saja, dengan catatan untuk setiap masalah, ada kriteria kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum menjalankan algoritma. Algoritma akan dapat selalu berakhir untuk semua kondisi awal yang memenuhi kriteria, dalam hal ini berbeda dengan heuristik. Algoritma sering mempunyai langkah pengulangan (iterasi) atau memerlukan keputusan (logika Boolean dan perbandingan) sampai tugasnya selesai. logaritma Logaritma adalah operasi matematika yang merupakan kebalikan dari eksponen atau pemangkatan. Rumus dasar lo

Apa Itu Regedit (Registry Editor)

pengguna windows sudah tau apa itu regedit.ya, dia adalah salah satu tempat untuk mengatur sistem kerja windows,Registry Editor ini adalah tempat pengaturan yang bertujuan untuk mengatur sistem kerja windows,jadi jika kita salah mengatur sistem di dalam regedit ini,maka masalah akan terjadi pada sistem operasi windows kamu.bagaimana cara membuka regedit ini ?? caranya : pertama klik tomblo start  kemudian ketik "regedit" atau bisa juga dengan windows run dengan menekan tombol windows + R dan kemudian ketik "regedit" maka jendela regedit akan muncul mempercepat akses folder dengan menggunakan regedit ini,kita juga bisa mempercepat kinerja sistem windows kita dengan cara mendisable last acces update dengan mengupdate time stamp di registry dengan cara : buka regedit buka file HKEY_LOCAL_MACHINE/System/CurrentControlSet/ControlFileSystem klik kanan kemudia pilih "new" kemudian pilih "DWORD" ( tersedia untuk 32 bit dan