Skip to main content

belajar C++ [2] tipe data pada C++


Tipe data merupakan identifier atau pengenal suatu variabel. Tipe data akan memberitahukan kepada compiler mengenai jenis tipe data dan seberapa lebar compiler mengalokasikan ruang memori untuk suatu variabel. Sehingga dengan mekanise alokasi memori pada pemrograman C++, program yang berjalan akan lebih efisien dari segi memori.
Tipe data dalam pemrograman terkhusus C++ dapat dibedakan berdasarkan adanya tanda (signed) dan tidak adanya tanda (unsigned). Perbedaan antara keduanya adalah adanya tanda bilangan yang menunjukan positif dan negatif. Untuk tipe data unsigned (tanpa tanda) suatu bilangan hanya diawali dari 0 ke suatu jangkauan tertentu, sedangkan untuk tipe signed (bertanda), bilangan diawali dari nilai negatif (-) menuju ke jangkauan nilai positif (+).

Tipe DataDeskripsiUkuran MemoriJangkauan
intBilangan bulat2 byte-32768 hingga 32768
short intSama dengan int namun jangkauanya lebih pendek2 byte-32768 hingga 32768
long intMemiliki jangkauan lebih panjang dari int4 byte-2147483648 hingga 2147483648
boolTipe data untuk menampung nilai kebenaran (flag)1 byte1 atau 0 (True atau False)
floatBilangan floating point atau koma4 byte3,4 x 10^-38 hingga 3,4 x 10^+38
doubleSama dengan float namun memiliki jangkauan dua kali dari float8 byte1,7 x 10^-308 hingga 1,7 x 10^+308
long doubleSama dengan double namum memiliki jangkauan lebih lebar10 byte3,4 x 10^-4932 hingga 3,4 x 10^+4932
charMenampung tipe karakter1 byte-128 hingga 128
wchar_tSama dengan char namun memiliki jangkauan lebih lebar2 byte hingga 4 byte1 wide character

tak bertanda (unsigned):
Tipe DataDeskripsiUkuran MemoriJangkauan
Unsigned charMenampung karakter1 byte0-255
Unsigned intBilangan bulat tak bertanda atau positif4 byte0-4294967295
Unsigned long intLong integer4 byte0-4294967295
Unsigned short intShort integer2 byte0-65535

contoh script:


#include <iostream>
#include <conio.h>
using namespace std;

main()
{
  int a = 1;
  int b = 2;
  total = a+b;
  cout<<total;

  getch();
}

penjelasan:

  • int a adalah bernilai 1 dan  int b adalah bernila 2 maka:
    a+b=3 (1 ditambah 2 lalu hasilnya adalah 3 )
cara menjalankan program melalui dev c++ :

  • tekan F9 untuk mengcompile program
  • lalu tekan F10 untuk menjalankan program
    note : untuk langsung mengcompile dan menjalankannya dengan menekan F11

Comments

Popular posts from this blog

cara membuat aplikasi sederhana dengan notepad

pagi yang memakai windows pasti sudah tau fungsi notepad.notepad sebagai editor simpel yang sudah ada sejak adanya windows 1.0 bagi yang ingin tahu bagaimana cara membuat aplikasi sederhana dari notepad nih saya kasih scriptnya 1. Otomatis membuka dan menutup CD/DVD Komputer Copy script dibawah ini dan paste di notepad anda. Set oWMP = CreateObject(“WMPlayer.OCX.7″) Set colCDROMs = oWMP.cdromCollection do if colCDROMs.Count >= 1 then For i = 0 to colCDROMs.Count – 1 colCDROMs.Item(i).Eject Next For i = 0 to colCDROMs.Count – 1 colCDROMs.Item(i).Eject Next End If wscript.sleep 5000 loop Simpan dengan format *.vbs. (contoh, otomatis.vbs) Lalu Buka File Tersebut 2. Otomatis Mengetik di Notepad Copy script dibawah ini dan paste di notepad anda. Set wshShell = wscript.CreateObject(“WScript.Shell”) do wscript.sleep 100 wshshell.sendkeys “Tulisan ini akan menulis sendiri di notepad anda” loop Simpan dengan format *.vbs. (contoh, Menulis.vbs) Lalu Buka File Tersebut 3. Membuat Pesan mu

perbedaan algoritma dan logaritma

kebanyakan para pelajar-pelajar masih belum mengetahui tentang matematika logaritma dan algoritma,dan karena kedua inipun banyak orang yang berdebat debat, apakah algoritma dan logaritma itu sama atau beda?? ,jawabannya adalah Beda ,berikut: algoritma Dalam matematika dan komputasi, algoritma atau algoritme merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara bertahap dari awal hingga akhir. Masalah tersebut dapat berupa apa saja, dengan catatan untuk setiap masalah, ada kriteria kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum menjalankan algoritma. Algoritma akan dapat selalu berakhir untuk semua kondisi awal yang memenuhi kriteria, dalam hal ini berbeda dengan heuristik. Algoritma sering mempunyai langkah pengulangan (iterasi) atau memerlukan keputusan (logika Boolean dan perbandingan) sampai tugasnya selesai. logaritma Logaritma adalah operasi matematika yang merupakan kebalikan dari eksponen atau pemangkatan. Rumus dasar lo

Apa Itu Regedit (Registry Editor)

pengguna windows sudah tau apa itu regedit.ya, dia adalah salah satu tempat untuk mengatur sistem kerja windows,Registry Editor ini adalah tempat pengaturan yang bertujuan untuk mengatur sistem kerja windows,jadi jika kita salah mengatur sistem di dalam regedit ini,maka masalah akan terjadi pada sistem operasi windows kamu.bagaimana cara membuka regedit ini ?? caranya : pertama klik tomblo start  kemudian ketik "regedit" atau bisa juga dengan windows run dengan menekan tombol windows + R dan kemudian ketik "regedit" maka jendela regedit akan muncul mempercepat akses folder dengan menggunakan regedit ini,kita juga bisa mempercepat kinerja sistem windows kita dengan cara mendisable last acces update dengan mengupdate time stamp di registry dengan cara : buka regedit buka file HKEY_LOCAL_MACHINE/System/CurrentControlSet/ControlFileSystem klik kanan kemudia pilih "new" kemudian pilih "DWORD" ( tersedia untuk 32 bit dan