Skip to main content

sejarah virus komputer dan antivirus komputer


virus merupakan program jahat yang menggandakan dirinya di dalam komputer dan bersifat parasit. virus komputer adalah musuh terbesar bagi pengguna komputer. Hingga saat ini, jumlah virus komputer yang diketahui telah mencapai puluhan juta varian. Pertanyaannya, bagaimanakan virus komputer ini bisa ada? Bagaimanakah asal mulanya?,berikut ini sejarahnya 


Sejarah virus komputer bermula pada tahun 1949 oleh John von Neuman yang memprakarsai komputer digital modern yang membuat sebuah program yang dapat menduplikasi file. Namun virus komputer pertama yang benar-benar menglobal baru dikenal pada tahun 1986 dengan nama Brain. Virus pertama ini diciptakan oleh 2 orang bersaudara asal Pakistan, yaitu Basit dan Amjad.

yang memakai dasi adalah amjad dan yang tidak memakai dasi adalah basit


Virus berukuran 360kb ini dimasukkan dalam boot sector melalui disket  komputer serta menduplikasi penggunaan memori komputer. Penyebaran virus mulai meluas hingga ke beberapa universitas di Amerika. Pada tahun yang sama, seorang programmer dan penulis di bidang keamanan komputer Ralf Burger menyatakan dalam tulisannya, bahwa proses penduplikasian file dapat dilakukan dengan hanya menyertakan perintah-perintah sederhana yang dapat bekerja secara otomatis dari balik layar. Oleh Ralf sendiri, script ini dinamakan dengan VIRDEM.

inilah cara kerja virus yagn dibuat oleh ralf burger

inilah ralf burger yang membuat script yang bernama virdem

Sejarah virus komputer mulai berkembang saat itu, terutama setelah munculnya virus-virus generasi pertama yang sangat merajalela pada masa itu, sebut saja seperti Stoned, Cascade, Jerusalem dan Denzuka (buatan Indonesia).

Varian dan cara kerja virus semakin beragam dan berbahaya pada tahun 1989-1990, mulai dari cara kerja virus yang hanya sebatas menduplikasi file, kemudian muncul ratusan jenis varian virus lainnya yang diperkirakan mencapai lebih dari 400 macam. Beberapa virus komputer yang berbahaya, sebut saja seperti Datacrime yang dapat memformat isi harddisk, lalu ada polymorphic, virus buatan Mark Washburn yang dibuat dengan lebih rapi lagi karena kerja virus menjadi sulit terdeteksi. Bahkan antivirus pun memerlukan waktu dua tahun untuk memahami cara kerja virus ini.
inilah mark washburn pembuat virus polymorphic

inilah virus polymorphic yang dibuat oleh mark washburn


sejarah antivirus komputer

Virus komputer dibuat menggunakan script bahasa pemrograman yang dijalankan dengan tujuan merubah script pemrograman yang ada di sistem komputer sehingga fungsi yang ada menjadi abnormal atau berjalan dengan tidak semestinya. Oleh karena itu, para programmer berusaha membuat script lainnya untuk menetralisir script yang telah diubah tersebut. Dan hal inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya Antivirus komputer.
Sejarah Antivirus komputer berawal pada akhir tahun 1990 oleh sebuah institut yang didirikan di Jerman, bernama EICAR. Pada saat itu, virus yang terdeteksi sudah 150-an jenis varian virus yang beredar dan merajalela pada masa itu.
Dengan dukungan dana yang lebih besar, akhirnya muncullah perusahaan peneliti antivirus lainnya seperti SYMANTEC (Norton Antivirus), CENTRAL POIN (CPAV), Microsoft Antivirus dan segelintir lainnya. Pada pertengahan tahun 1991 adalah masa dimana perang antivirus dengan virus dimulai.
Pada awal kemunculannya, kendati sudah memiliki software proteksi antivirus, namun kerja antivirus tidaklah terlalu maksimal. Mereka masih harus bekerja keras dalam mendeteksi dan membasmi virus komputer, terutama virus yang cukup tangguh. Sebut saja seperti Tequila yang mampu mengelabui antivirus. Peneliti antivirus perlu bekerja hampir setengah tahun untuk bisa mengerti cara kerja virus ini.
Saat ini, perkembangan teknologi antivirus sudah semakin canggih. Sebuah program antivirus sudah mampu mendeteksi keberadaan virus baru di komputer hanya dalam waktu setengah jam saja, dan beberapa jam tambahan untuk mengupload sampel virus hingga dapat dikenali informasi virus apakah itu.

Comments

Popular posts from this blog

cara membuat aplikasi sederhana dengan notepad

pagi yang memakai windows pasti sudah tau fungsi notepad.notepad sebagai editor simpel yang sudah ada sejak adanya windows 1.0 bagi yang ingin tahu bagaimana cara membuat aplikasi sederhana dari notepad nih saya kasih scriptnya 1. Otomatis membuka dan menutup CD/DVD Komputer Copy script dibawah ini dan paste di notepad anda. Set oWMP = CreateObject(“WMPlayer.OCX.7″) Set colCDROMs = oWMP.cdromCollection do if colCDROMs.Count >= 1 then For i = 0 to colCDROMs.Count – 1 colCDROMs.Item(i).Eject Next For i = 0 to colCDROMs.Count – 1 colCDROMs.Item(i).Eject Next End If wscript.sleep 5000 loop Simpan dengan format *.vbs. (contoh, otomatis.vbs) Lalu Buka File Tersebut 2. Otomatis Mengetik di Notepad Copy script dibawah ini dan paste di notepad anda. Set wshShell = wscript.CreateObject(“WScript.Shell”) do wscript.sleep 100 wshshell.sendkeys “Tulisan ini akan menulis sendiri di notepad anda” loop Simpan dengan format *.vbs. (contoh, Menulis.vbs) Lalu Buka File Tersebut 3. Membuat Pesan mu

perbedaan algoritma dan logaritma

kebanyakan para pelajar-pelajar masih belum mengetahui tentang matematika logaritma dan algoritma,dan karena kedua inipun banyak orang yang berdebat debat, apakah algoritma dan logaritma itu sama atau beda?? ,jawabannya adalah Beda ,berikut: algoritma Dalam matematika dan komputasi, algoritma atau algoritme merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara bertahap dari awal hingga akhir. Masalah tersebut dapat berupa apa saja, dengan catatan untuk setiap masalah, ada kriteria kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum menjalankan algoritma. Algoritma akan dapat selalu berakhir untuk semua kondisi awal yang memenuhi kriteria, dalam hal ini berbeda dengan heuristik. Algoritma sering mempunyai langkah pengulangan (iterasi) atau memerlukan keputusan (logika Boolean dan perbandingan) sampai tugasnya selesai. logaritma Logaritma adalah operasi matematika yang merupakan kebalikan dari eksponen atau pemangkatan. Rumus dasar lo

Apa Itu Regedit (Registry Editor)

pengguna windows sudah tau apa itu regedit.ya, dia adalah salah satu tempat untuk mengatur sistem kerja windows,Registry Editor ini adalah tempat pengaturan yang bertujuan untuk mengatur sistem kerja windows,jadi jika kita salah mengatur sistem di dalam regedit ini,maka masalah akan terjadi pada sistem operasi windows kamu.bagaimana cara membuka regedit ini ?? caranya : pertama klik tomblo start  kemudian ketik "regedit" atau bisa juga dengan windows run dengan menekan tombol windows + R dan kemudian ketik "regedit" maka jendela regedit akan muncul mempercepat akses folder dengan menggunakan regedit ini,kita juga bisa mempercepat kinerja sistem windows kita dengan cara mendisable last acces update dengan mengupdate time stamp di registry dengan cara : buka regedit buka file HKEY_LOCAL_MACHINE/System/CurrentControlSet/ControlFileSystem klik kanan kemudia pilih "new" kemudian pilih "DWORD" ( tersedia untuk 32 bit dan